Thursday, March 21, 2013

Backpacker Rembang-Lasem

perjalanan dimulai dari jatingaleh semarang jam stengah 7an, naik bis tujuan terminal terboyo.

sampe terminal, gue putusin naik patas ac, soalnya gue takut muntah. maklum udah lama ga naik bis :p buat tujuan rembang, tarif patas ac 30ribu aja. dan kalo mau yg lebih murah, ada ekonomi yg harganya sekitar 15ribu

sampe rembang, gue turun di terminal depan alun-alun nya. perjalanan dari terboyo sampe sana sekitar 3jam. jalanannya dan cukup bagus. tp pantura sana ga sebagus semarang ke barat.
gue keliling sebentar di sekitar alun-alun buat cari makan. penasaran banget sama yg namanya Lontong Tuyuhan. gue udah jalan jauh tapi ga ketemu juga. karna udah cape, jadinya cari penginapan dideket situ. penginapan nya murah, 90ribu/malem itu buat yg hotel biasa banget. kalo mau hotel bagusan lagi juga ada

sampe penginapan, istirahat, mandi, lanjut cari makan seadanya disekitar hotel. 500meter dari hotel udah Pantai Dampo Awang. ternyata didepan gerbang nya, ada perpustakaan daerah, yg dulunya waktu jaman belanda sebagai gereja




masuk pantai, pantai nya sepi banget, mungkin lagi hari kerja juga ya. dan lagipula anginnya & ombaknya kenceng banget. ohiya, disana juga ada penyu di kolam gitu. tp sayang, air nya butek :(

abis isya, mau coba cari makanan di alun-alun. eh ternyata dapet lah tu yg namanya Lontong Tuyuhan. kenapa disebut lontong tuyuhan? karna asalnya dari Desa Tuyuhan
jadi Lontong Tuyuhan itu, lontong sayur opor pake ayam kampung tp kuah nya rada pedes. kita bisa pilih sendiri ayam bagian apa yg kita mau. yang buat khas Lontong Tuyuhan itu bentuk lontong nya yg segitiga! seporsi Lontong Tuyuhan harga nya 8ribu

Hari kedua, pagi pagi gue berangkat ke Lasem. cegat bis dari sebrang hotel ga perlu waktu lama. perjalanan dari rembang ke lasem butuh waktu 30menit kalo lancar. tarif bis nya cuma 2500 aja! padahal jaraknya lumayan jauh juga loh
sampe di lasem, gue turun didepan masjid yg gatau namanya tp di masjid nya itu ada campuran arsitek bangunan cina. di lasem emang banyak peninggalan cina nya. sampe sekarang pun masih kerasa
dari masjid itu, gue lanjut ke Desa Sendangcoyo naik ojek. pertama dia open harga 25ribu, setelah ditawar, dia mau 10ribu

ada paan di sana?
jadi dari majalah yg gue baca, disana ada Vihara Ratanavana Arama yg ada patung budha tidur nya. ya setau gue sih patung kaya gitu adanya di Thailand, dan gue penasaran bgt kalo patung itu juga ada di Lasem.
buat ke desa sendangcoyo by ojek butuh waktu kurang lebih 20an menit. masuk masuk desa, akses jalan nya juga jelek dan nanjak bukit
sampe didepan gerbangnya, tempat nya cukup tertutup. sama tukang ojek nya, suruh buka aja pager nya. dan pas dibuka........suara gong-gongan anjing pun menyambut. mau mati ga sih kalo lu di gong-gongin 3 anjing sekaligus dan salah satunya udah mau nyerang
si penjaga tempat itu langsung introgasi, dan si anjing anjingnya langsung diem. sempet ga diijinin karna tempat itu tempat ibadah, bukan buat wisata. setelah sedikit agak maksa, akhirnya diijinin tp ga boleh di foto. sayang banget :(
padahal asli deh itu tempat bangus dan tenang

Ini yang gue cari. gue ambil gambar ini dari gugel :p


walau tempat nya asik, tp gue ngerasa kurang nyaman. entahlah, mungkin karna kebanyakan anjing disana. padahal masih pengen banget  liat miniatur borobudur yg ada di vihara itu

tujuan berikutnya, ke daerah kampung cina disana. ngikutin panah arah klenteng, ternyata nemuin pesantren cina. wiiiihh yoi ga tuh.... jaraknya ga terlalu jauh dari jalan raya

setelah cukup foto-foto daerah sekitar, lanjut jalan lagi buat ke klenteng. karna tempat nya kurang meyakinkan, nanya warga. katanya masih terus lagi dan nanti belok kiri.
dan ternyata bener. sampe juga di klenteng (lupa namanya)









sekian perjalan singkat di rembang-lasem
kalo mau liburan jauh dr kiruk-pikut ibukota, bisa kesini
Visit Indonesia! :D

2 comments:

  1. Waktu di Rembang..nginep nya di Hotel mana mbak ??
    Saya planning mw touring ke rembang ...

    Mohon informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. di sekitaran alun-alun ada beberapa hotel mas, jika belum berubah, karena saya belum sempat ke rembang lagi

      Delete

Ad